Rencana Kerja

Dinaskeswan | Rabu, 03 Agustus 2016 - 21:23:42 WIB | dibaca: 221 pembaca

PROGRAM UTAMA


1.  Program Peningkatan Ketahanan Pangan

Pengertian
Program Peningkatan Ketahanan Pangan dimaksudkan untuk mengoperasionalkan kebijakan peningkatan ketahanan pangan. Dalam pengertian kebijakan operasional pembangunan, ketahanan pangan menyangkut ketersediaan, aksebilitas (keterjangkauan) dan stabilitas pengadaannya. Disamping aspek produksi, distribusi dan keamanan, ketahanan pangan mensyaratkan pendapatan yang cukup bagi masyarakat untuk mengakses bahan pangan.

Tujuan
Tujuan Program Peningkatan Ketahanan Pangan adalah meningkatkan ketersediaan komoditas pangan pokok dalam jumlah yang cukup, kualitas yang memadai dan ketersediaan sepanjang waktu, melalui peningkatan produksi, produktivitas dan pengembangan produk olahan.

Kegiatan pokok yang dilakukan dalam program ini meliputi :
1.1  Peningkatan produksi, kualitas, dan produktivitas ternak
1.2  Substitusi jenis ternak potong.
1.3  Peningkatan distribusi ternak dan hasil olahannya.
1.4  Peningkatan pasca panen dan pengolahan hasil.
1.5  Pengendalian penyakit hewan menular strategis secara terpadu.
1.6  Pencapaian swasembada daging sapi.
1.7  Monitoring dan evaluasi.

2.  Program Pengembangan Agribisnis Peternakan

Pengertian
Program Pengembangan Agrbisnis Peternakan dimaksudkan untuk mengoperasionalkan kebijaksanaan pembangunan peternakan berwawasan agribisnis, yang mengarahkan agar seluruh subsistem agribisnis dapat secara produktif dan efisien menghasilkan berbaga produk peternakan yang memiliki nilai tambah dan daya saing yang tinggi dipasar domistik maupuan pasar internasional.

Tujuan
Tujuan Program Pengembangan Agribisnis Peternakan adalah mendorong berkembangnya usaha dengan wawasan bisnis yang mampu menghasilkan produk peternakan dan  industri peternakan primer yang berdaya saing, menghasilkan nilai tambah bagi peningkatan pendapatan, tenaga kerja peternakan, pengembangan ekonomi wilayah, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para peternak dan produsen dan mendukung pertumbuhan pendapatan daerah.

Kegiatan Pokok yang akan dilakukan dalam program ini meliputi :
2.1  Pengembangan sistem pembibitan ternak.
2.2  Pengembangan sumber daya meliputi perbaikan mutu pakan, pemanfaatan limbah usaha tani/perikanan untuk pakan ternak, sumber energi alternatif dan pupuk organik.
2.3  Pengembangan pakan alternatif, pemanfaatan sumber daya pakan hijauan lokal dan pemanfaatan teknologi tepat guna.
2.4  Pengembangan kawasan budidaya peternakan secara terintegrasi melalui pola kemitraan.
2.5  Peningkatan pasar produk peternakan.
2.6  Memfasilitasi dan menyediakan modal usaha peternakan.
2.7  Penyederhanaan mekanisme perizinan/rekomendasi peternakan dan kesehatan hewan.
2.8  Monitoring dan evaluasi.

3.  Program Peningkatan Kesejahteraan Petani

Program ini bertujuan untuk memfasilitasi peningkatan pendapatan peternak melalui pemberdayaan, peningkatan akses terhadap sumber daya usaha peternakan, pengembangan kelembagaan, dan perlindungan terhadap petani peternak.

Kegiatan Pokok yang akan dilakukan dalam program ini meliputi :
3.1  Pengembangan dan penguatan kelembagaan peternakan.
3.2  Pengembangan dan peningkatan kualitas SDM peternakan.
3.3  Pengembangan upaya pemberantasan kemiskinan.
3.4  Pemberdayaan ekonomi masyarakat peternakan.
3.5  Mendukung upaya perbaikan gizi.
3.6  Monitoring dan evaluasi

4.  Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Ternak(P4T)

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai penyakit hewan sehingga Kalimantan Barat  bebas dari penyakit strategis maupun yang bersifat ekonomis, sehingga mampu menyediakan bahan pangan asal ternak yang  ASUH.

5.  Program Peningkatan Produksi Hasil Peternakan (P3HP)

Program ini diharapkan mampu meningkatkan produksi dan produktifitas ternak di Kalimantan Barat sehingga menjadi daerah yang  ketercukupan akan kebutuhan daging, telur dan susu yang memiliki aspek jaminan keamanan pangan ASUH.

Sasaran kegiatan tersebut adalah meningkatnya populasi dan produksi ternak, sehingga diharapkan pendapatan masyarakat meningkat.

6.  Program Peningkatan Pemasaran Hasil Produksi Peternakan.(P3HP2)

Program ini diharapkan Kalimantan Barat merupakan daerah yang mampu memproduksi dan memasarkan produk-produk  hasil peternakan baik lokal maupun regional bahkan internasional.
Dengan produksi yang meningkat perlunya peluang pasar untuk dapat memasarkan produk-produk peternakan, sehingga pendapatan masyarakat dapat bertambah.

7.  Program Peningkatan Penerapan Teknologi Peternakan.(P3TP)

Program ini dimaksudkan untuk melakukan pemanfaatan teknologi tepat guna, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari hasil rekayasa teknologi.

Dengan teknologi tepat guna diharapkan peternak mampu untuk meningkatkan produksi ternaknya.


PROGRAM PENUNJANG

1.  Program Pelayanan Administrasi Perkantoran.(P2AP)

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran dimaksudkan untuk mengopersionalkan  kebijakan-kebijakan dalam keperluan sehari-hari seperti surat menyurat, kelengkapan alat tulis menulis perkantoran, fotokopi dan penggandaan, dan lain-lain yang bersifat membantu keperluan operasional administrasi perkantoran.
Kegiatan tersebut untuk menunjang pelayanan baik yang langsung maupun tidak langsung terhadap kegiatan yang memerlukan dukungan pemerintah khususnya di bidang peternakan dan kesehatan hewan.

2.  Program Peningkatan Sarana Prasarana Aparatur.(P2SPA)

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan operasional perkantoran sehingga fungsi dan tugas dalam kelengkapan sarana prasarana perkantoran dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran dan tempat pelayanan terhadap kegiatan peternak dan kesehatan hewan, sehingga pelayan terhadap masyarakat diharapkan dapat optimal.

3.  Program Peningkatan Disiplin Aparatur.(P2DA)

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan disiplin aparatur, sehingga sebelum menjalankan disiplin perlu dilengkapi sarana dan prasarana agar dalam menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya sebagai aparatur yang  memiliki dedikasi,disiplin, integritas, loyalitas, dan bertanggung jawab.

4.  Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur.(P2KSDA)

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia, sehingga para pegawai memiliki kemampuan dan keahlian sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Dengan cepatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi, maka peran  pemerintah dituntut untuk dapat melayani masyarakat dengan cepat dan efisien, maka dengan tuntutan masyarakat tersebut kualitas  SDM  perlu ditingkatkan.

5.  Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan(P3SP)

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan sistem pelaporan baik keuangan dan asset   pemerintah yang telah dipelihara sehingga memiliki data base tentang asset, sehingga dapat tersaji dengan baik.
Pelaksanaan kegiatan baik yang mengeluarkan anggaran maupun kegiatan rutin harus tetap didokumentasikan dalam bentuk laporan kegiatan.

6.  Program Pemberdayaan Penyuluh Pertanian.(P4)

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan dan melakukan pemberdayaan baik tenaga penyuluh maupun kelompok peternak sehingga mampu mengembangkan usaha dibidang peternakan.
Dengan semakin majunya teknologi tepat guna maka peran SDM dibidang peternakan dituntut untuk  berperan aktif dalam melayani dan menngembangkan/alih teknologi  tepat guna yang dapat dimanfaatkan oleh  masyarakat peternak.